Home / Blog / blog1 / Beberapa Tips Terbaik Sebelum Anda Sewa Apartemen

Beberapa Tips Terbaik Sebelum Anda Sewa Apartemen

Beberapa Tips Terbaik Sebelum Anda Sewa Apartemen

by: Admin

blog1

Thursday, 18 Jul 2019

Tips Sebelum Sewa Apartemen – Dengan terus bertambahnya jumlah penduduk, maka kebutuhan akan rumah juga turut meningkat. Namun, tidak semua warga Indonesia beruntung bisa memiliki sebuah hunian.

Sebagian ada yang belum memiliki rumah sehingga mengharuskan mereka untuk menyewa sebuah tempat tinggal.

Banyak jasa yang menawarkan tempat tinggal seperti kost, rumah, apartemen, maupun hotel. Namun, kebanyakan dari kita lebih menyukai untuk tinggal di dalam apartemen karena urusan privasi.

Bukan hanya orang yang tidak punya rumah saja, tinggal di dalam apartemen juga banyak dilakukan oleh remaja yang ingin hidup mandiri, melanjutkan pendidikan sehingga harus pergi ke kota lain, dan masih banyak lagi alasan bagi remaja untuk mencoba tinggal sendirian di apartemen.

Namun, sebelum sewa apartemen, tentu harus memperhatikan beberapa ketentuan dan persyaratan sehingga nantinya bisa tinggal di apartemen tersebut dengan nyaman.

Pentingnya Mengetahui Tips Sebelum Sewa Apartemen

Saat akan menyewa apartemen, Anda harus pandai dalam memilih dan melihat dari berbagai aspek. Anda harus benar-benar detail dalam melihat keseluruhan faktor yang berhubungan dengan apartemen.

Oleh karena itu, dibawah ini ada beberapa tips sewa apartemen yang mungkin bisa membantu Anda dalam memilih apartemen yang baik dan berkualitas.

1. Melihat Kelebihan Apartemen

Sebelum menyewa apartemen, Anda harus tahu apa saja nilai lebih yang dimiliki dari apartemen tersebut. Misalnya apartemen terletak di pusat kota, tentu itu adalah keuntungan bagi Anda karena apartemen dapat dijangkau dengan mudah.

Selain itu, Anda jadi lebih mudah untuk pergi kemana saja karena letak apartemen yang cukup strategis.

Jadi, melihat nilai plus dari apartemen yang nantinya akan ditinggali sangat penting. Karena jika Anda tinggal di apartemen yang memang cocok dan sesuai, tentu itu akan membuat Anda merasa nyaman untuk tinggal di sana.

2. Mengetahui Nilai Minus dan Kekurangan Apartemen

Selain melihat kelebihan atau nilai plus dari apartemen yang akan ditinggali, mengetahui nilai minus dari apartemen juga diperlukan sebagai bahan pertimbangan apakah Anda masih dan tetap bersedia untuk tinggal disana walaupun sudah mengetahui kekurangan dari apartemen tersebut.

Dengan mengetahui kekurangan dari apartemen yang ingin ditinggali, Anda akan merasa lega dan tidak merasa ditipu oleh pemilik apartemen. Maka dari itu, Anda benar-benar harus memikirkan dengan matang tentang kekurangan dari menyewa apartemen disana.

Jika memang kekurangan tersebut sangat buruk, maka sebaiknya tidak perlu memaksakan diri untuk tinggal di sana dan mencari sewa apartemen lain.

3. Mengecek Kondisi Apartemen dengan Baik dan Benar

Jika Anda akan memilih apartemen, maka pastikan untuk mengetahui bagaimana keadaan apartemen tersebut saat ini. Anda bisa langsung mencoba untuk mengecek dengan datang langsung ke apartemen.

Namun, jangan lupa untuk membuat janji terlebih dahulu dengan pemilik apartemen jika Anda ingin mengecek langsung keadaan apartemen.

Anda dapat mengecek berbagai faktor, seperti apakah apartemen ini luas, apakah lebar pintu bisa muat untuk dimasuki barang-barang yang nantinya akan dipindahkan ke apartemen, cek saluran air apakah berfungsi dengan baik, dan cek beberapa fasilitas lainnya.

Anda juga bisa membandingkan fasilitas tersebut dengan mengunjungi apartemen lain sebagai bahan pertimbangan.

4. Menyewa Apartemen Sesuai Budget yang ada

Banyak sekali pemilik apartemen yang menyewakan apartemen kepada Anda. Dari semua apartemen yang ditawarkan, tentu memiliki harga dan fasilitas yang berbeda-beda.

Bagi Anda yang ingin sewa apartemen, mengetahui harga sangat diperlukan sebelum memutuskan untuk tinggal di apartemen tersebut.

Cari apartemen yang benar-benar pas dan cukup dengan budget yang telah Anda kumpulkan. Pertimbangkan apakah budget yang dimiliki bisa menutupi semua kebutuhan Anda setiap bulannya ketika sudah tinggal di apartemen.

5. Membuat Perjanjian Sewa dengan Pemilik Apartemen

Membuat perjanjian sewa apartemen sangat penting dilakukan oleh Anda dengan pemilik apartemen. Hal tersebut dapat menjadi bukti tertulis jika Anda dan pemilik sewa telah menyetujui ketentuan dan syarat-syarat yang sudah disepakati bersama. Jika memungkinkan, beri tandatangan antar kedua belah pihak dan dibubuhi dengan materai.

Perjanjian sewa menjadi bukti penting jika Anda telah melakukan kesepakatan dengan pemilik apartemen sehingga bisa menggunakan apartemen tersebut dengan nyaman karena sudah resmi dan legal untuk tinggal di sana.

Hal Lain yang Penting Diketahui Sebelum Menyewa Apartemen

Setelah mengetahui tips sewa apartemen, ada beberapa hal penting lain yang harus Anda ketahui sebelum memilih dan memutuskan akan tinggal di apartemen tersebut.

Walaupun berupa hal kecil, tetapi itu sangat penting untuk Anda ketahui agar nantinya tidak menimbulkan salah paham dengan pemilik apartemen.

Dibawah ini beberapa hal yang harus Anda tanyakan sebelum tinggal di apartemen tersebut.

1. Membawa Peliharaan ke Dalam Apartemen

Tanyakan kepada pemilik apartemen apakah boleh membawa masuk hewan peliharaan ke dalam apartemen. Karena tidak semua pemilik apartemen mengizinkan apartemen yang mereka sewa untuk dimasuki hewan.

Maka dari itu, menanyakan hal tersebut sebelum sewa apartemen sangat penting dilakukan.

2. Dekorasi Ruangan

Karena ini merupakan menyewa, tentu itu artinya apartemen yang ditinggali bukan sepenuhnya milik Anda. Namun, pasti Anda juga ingin melakukan dekorasi ruangan yang diinginkan karena telah tinggal di sana. Untuk itu, perlu bagi Anda untuk menanyakan apakah apartemen boleh di dekorasi ulang.

Jika tidak boleh, maka jangan dilakukan. Karena jika Anda melanggar aturan, maka kemungkinan besar uang deposito atau jaminan ketika awal kali melakukan perjanjian sewa apartemen akan terancam batal dan lenyap.

3. Apakah Keamanan Terjamin

Hal penting yang harus Anda tanyakan ke pemilik apartemen adalah apakah keamanan tinggal disana terjamin?. Tanyakan apakah di sana memiliki fasilitas seperti CCTV yang selalu nyala selama 24 jam penuh.

Atau apartemen tersebut memiliki kartu akses pribadi sehingga tidak bisa sembarang orang masuk ke sana.

Anda juga bisa mencoba untuk menanyakan ke beberapa tetangga yang tinggal di sekitaran apartemen apakah disitu sering terjadi tindak kriminalitas atau tidak.

4. Lahan Parkir

Pertanyaan yang tidak kalah pentingnya adalah bertanya mengenai lahan parkir. Anda harus mengetahui apakah lahan parkir yang disediakan oleh pemilik sewa apartemen luas atau tidak.

Apakah nantinya akan ada perebutan lahan parkir dengan penyewa apartemen lainnya, dan banyak hal yang harus dipikirkan dan dipertimbangkan mengenai lahan parkir. Anda bisa mendatangi tempat parkir apartemen pada malam hari.

Karena pada saat itu kebanyakan penyewa sudah datang sehingga Anda bisa tahu bagaimana kondisi lahan parkir yang sesungguhnya.

Itulah beberapa tips dalam menyewa apartemen. Saat akan melakukan kesepakatan untuk sewa apartemen, Anda harus memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal yang telah disebutkan di atas.

Walaupun ada beberapa hal lain yang belum disebutkan, setidaknya Anda harus bisa mempertimbangkan hal yang sudah dijelaskan di atas untuk mencegah kesalahan saat akan menyewa apartemen.

Dengan begitu, Anda akan merasa aman, nyaman, dan tepat dalam memilih apartemen yang telah disediakan.

Share